BUMN Gunakan AI untuk Transformasi Komunikasi Publik

Acsyara Aulia

August 18, 2025

2
Min Read
BUMN Gunakan AI untuk Transformasi Komunikasi Publik

creativestation.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memperkuat perannya dalam menghadirkan komunikasi publik yang efektif melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI). Upaya ini ditunjukkan lewat penyelenggaraan Workshop Komunikasi AI pada 13–14 Agustus 2025 di Mikie Resort Hotel, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 94 peserta, terdiri dari praktisi komunikasi perusahaan, ambassador internal BUMN, hingga pimpinan wilayah. Acara ini juga mendapatkan dukungan dari sejumlah perusahaan pelat merah seperti Pertamina, BNI, Pelindo, PIHC, Pos Indonesia, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Taspen.

Transformasi Komunikasi BUMN dengan AI

Workshop ini bertujuan memperkuat strategi komunikasi korporasi agar pesan publik dapat disampaikan secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran. Dengan dukungan teknologi AI, Kementerian BUMN berharap program dan kontribusi perusahaan negara semakin mudah dipahami oleh masyarakat sekaligus meningkatkan persepsi positif terhadap peran BUMN di berbagai sektor.

Putri Violla, Juru Bicara Kementerian BUMN, menegaskan pentingnya komunikasi yang baik dalam menjembatani program kerja dengan penerima manfaat.

“Karyawan BUMN adalah wajah perusahaan di mata publik. Dengan penguasaan teknologi komunikasi terbaru, mereka bisa menjadi agen perubahan yang menyampaikan informasi akurat sekaligus membangun kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Bekal Teknis dan Isu Keberlanjutan

Sesi pelatihan teknis pemanfaatan AI dibawakan oleh Tommy Teja , CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder AICO Community. Materi yang disampaikan mencakup pemanfaatan AI untuk pengembangan ide kreatif, pembuatan visual, hingga penulisan naskah konten.

Selain itu, Agung Kurniawan , Chief of Campaign BUMN Hijau, memberikan wawasan mengenai komunikasi terkait green economy , blue economy , hingga isu keberlanjutan ( sustainability ). Langkah ini diharapkan mampu memperkuat narasi BUMN dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kunjungan Lapangan: Dari Energi ke UMKM

Sebagai bagian dari rangkaian workshop, para peserta diajak mengunjungi sejumlah aset BUMN di kawasan Berastagi. Beberapa di antaranya adalah Geothermal Pertamina, kios dan pabrik Pupuk Indonesia, serta UMKM binaan Rumah BUMN seperti Artistica Bakery dan Gundaling Uis.

Dalam kunjungan tersebut, peserta langsung mempraktikkan keterampilan yang didapat, termasuk membuat konten berbasis AI untuk memperlihatkan kontribusi BUMN. Hal ini mencakup peran perusahaan negara dalam menjaga ketahanan energi, memperkuat sektor pangan, hingga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca juga : Orang dengan 7 Sifat Ini Mudah Terkecoh Video AI

Komitmen Berkelanjutan

Kementerian BUMN menegaskan bahwa penguatan kapasitas SDM komunikasi akan terus menjadi prioritas utama. Dengan strategi komunikasi yang berbasis teknologi, BUMN diharapkan mampu menjaga kepercayaan publik, sekaligus memastikan informasi mengenai kontribusi nyata perusahaan negara dapat tersampaikan lebih luas dan tepat sasaran.

Untuk informasi dan perkembangan informasi menarik lainnya, ikuti terus Creativestation.id – sumber referensi kreatif untuk inovasi, bisnis, dan teknologi.

  1. […] Baca juga : BUMN Gunakan AI untuk Transformasi Komunikasi Publik […]

Leave a Comment

Related Post